Kam. Feb 25th, 2021
Antariksawan Sejarah Astronot Perempuan Pertama

Antariksawan atau yang biasa kita sebut dengan Astronaut adalah seorang yang menjalankan program penerbangan ke luar angkasa. Penerbangan antariksa manusia untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa.

Negara pertama yang berhasil menerbangkan orang ke Luar Angkasa adalah Uni Soviet / Rusia. Lembaga pengembangan teknologi antariksa disana disebutnya dengan Kosmonot. Berbeda dari istilah awal yang di ciptakan oleh negara Amerika Serikat (Astronaut).

Antariksawan Sejarah Astronot Perempuan Pertama

Kosmonaut pertama adalah Yuri Gagarin. Semenjak tahun 2003 dikenal pula istilah taikonaut (meski bukan istilah resmi pemerintah Tiongkok), untuk antariksawan dari Tiongkok.

Lebih dari 32 negara sudah pernah mengirimkan antariksawannya ke luar angkasa, Indonesia juga termasuk dari salah satu negara yang mengembangkan ilmu antariksa. Setidaknya sepuluh antariksawan telah meninggal dalam kecelakaan latihan di darat.

5 Antariksawan Sejarah Astronot Perempuan Pertama

Antariksawan Sejarah Astronot Perempuan Pertama

Tidak menutup kemungkinan kalangan perempuan juga bisa menjadi seorang Astronut. Merekalah para perempuan gelombang pertama yang membuka pintu gerbang bagi seluruh perempuan di dunia untuk terlibat dalam dunia antariksa:

  • Valentina Tereshkova

Astronot wanita pertama adalah dari Rusia Valentina Tereshkova, keberhasilannya dalam dunia antariksa telah mencapai 3 rekor sekaligus. Pada tahun 1963 wanita ini menjadi wanita pertama sekaligus termuda yang berhasil terbang ke luar angkasa.

  • Svetlana Savitskaya

Di antariksa sebagai bagian dari misi Soyuz T-7 pada 1982, Svetlana Savitskaya berhasil memimpin perjalanan misi Soyuz T-7 keluar angkasa selama 3 hari. Svetlana Savitskaya mulai mengikuti training sejak 1982 serta mulai bekerja pada wahana antariksa Soyuz dan Salyut pada 1980.

  • Sally Ride

Dalam percobaan penerbangan pesawat ulang-alik Challenger pada Juni 1983 membuat Sally Ride masuk dalam daftar astronot perempuan ke-3. Dari informasi NASA diterangkan kalau Sally Ride menyelesaikan studi di Stanford, dan terpilih dari training sebagai satu di antara enam perempuan yang terpilih pada 1978.

  • Judith Resnik

Judith Resnik adalah wanita kebangsaan Amerika, wanita ke-2 dari Amerika yang berhasil menjadi seorang astronaut menyusul Sally. Masuk menjadi astronaut NASA pada tahun 1986, dan tewas dalam penerbangan kedua pada pesawat ulang-alik akibat mengalami kebocoran hidrogen, hingga menewaskan keenam kru di dalamnya termasuk Resnik.

  • Kathy Sullivan

Kathy Sullivan dinobatkan sebagai perempuan Amerika pertama yang melakukan spacewalk (1984). Resmi bergabung dengan NASA sejak 1978, salah satu misi Kathy Sullivan yang berhasil adalah melakukan demonstrasi sistem pengisian bakar satelit di orbit.

By Whow