Association of Southeast Asian Nations

Association of Southeast Asian Nations

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 negara di Asia Tenggara. Sebagai warga negara asli Indonesia dan orang yang berdarah Asia, sejarah ini pastinya sudah diberikan sejak kita masih duduk di bangku SD. Jika kamu agak lupa tentang sejarah terbentuknya ASEAN, maka bisa membacanya kembali pada artikel dibawah ini !

Association of Southeast Asian Nations

Sejarah Terbentuknya Association of Southeast Asian Nations

ASEAN dibentuk tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand oleh lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok. Awalnya hanya 5 negara di Asia Tenggara saja yang bergabung dalam organisasi tersebut, namun 1960’an 5 negara lainnya memutuskan untuk bergabung sehingga terdiri dari 10 negara yaitu:

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Singapura
  4. Thailand
  5. Brunei Darussalam
  6. Vietnam
  7. Laos
  8. Myanmar
  9. Kamboja
  10. Filipina (Penghasilan terbesar negara ini adalah dari Game Judi Slot Terbaru)

Dibentuknya ASEAN sebenarnya dipicu dari pertentangan dua negara adikuasa di dunia pasca Perang Dunia Kedua yakni Amerika Serikat kontra Uni Soviet. Keduanya terlibat dalam Perang Dingin sejak 1947 dan berlangsung selama berpuluh-puluh tahun setelah itu.

Association of Southeast Asian Nations

Kesamaan latar belakang 10 negara di Asia Tenggara ini menjadi alasan untuk mempersatu visi dan misi, bukan hanya letak geografis, tapi juga budaya hingga persamaan sejarah.

Ada banyak sekali tujuan dari pembentukan ASEAN diantaranya:

1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan.

2. Meningkatkan perdamaian & stabilitas regional ragam kayakinan di Asia menganut beberapa aliran, sehingga supaya terbentuk nilai menghormati keadilan dan tertib hukum di dalam hubungan antara negara.

3. Membangun kerja sama setiap negara yang sedang terlanda masalah ekonomi dan berbagai permasalahan seperti bencana alam. Menjadi kepentingan bersama di bidang-bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi.

4. Memperluas lahan sarana kebutuhan pemanfaatan pertanian dan industri, memperbaiki sarana-sarana pengangkutan dan komunikasi sehingga standar hidup bangsa mereka menjadi lebih layak dan baik.

Untuk bacaan tambahan lainnya anda bisa membaca pada artikel kami sebelum, mengenai sejarah istana merdeka Indonesia. Nantikan selalu informasi terbaru bersama roofth.com yang selalu menyajikan berbagai berita terbaru mengenai sejarah dari dalam dan luar negeri.