Biografi Tokoh Dunia: Martin Luther, Tokoh Reformasi Protestan

Biografi Tokoh Dunia: Martin Luther, Tokoh Reformasi Protestan

Martin Luther seorang tokoh yang sangat bersejarah dalam perkembangan reformasi Protestan & perdamaian dunia. Sebelumnya Luther adalah seorang pastor Katolik sekaligus seorang profesor di bidang teologi. Kemudian namanya mulai dikenal karena menggagas Reformasi Protestan. Hal ini tidak hanya berdampak pada perubahan dalam kekristenan dunia, tapi juga kebudayaan Jerman.

Biografi Tokoh Dunia: Martin Luther, Tokoh Reformasi Protestan

Saat itu Luther memutuskan untuk menerjemahkan alkitab kedalam bahasa Jerman. Dan setelah mempelajari isi dan terjemahan yang Ia dapatkan, Luther semakin merasa yakin harus menggagas reformasi kekristenan Protestan. Sepanjang perjalanan hidupnya, Luther sudah banyak memberikan perubahan kekristenan dunia, baca biografi dan perjalanan hidup Luther lebih lengkap dibawah ini!

Martin Luther King, Sejarawan Dunia yang Terima Nobel Perdamaian Dunia

Martin Luther lahir pada 10 November 1483 di Eisleben, Mansfeld County, wilayah Kekaisaran Roma Suci. Putra dari pasangan Hans Luther dan Margarethe Lindemann. Sejak masih kecil ayahnya berambisi menginginkan anaknya menjadi sosok pengacara. Jadi sejak usia 7 tahun Luther sudah dikirim untuk sekolah banyak bahasa.

Martin Luther King Jr

Pada usia 17 tahun Martin Luther masuk salah satu universitas Jerman, Erfurt tahun 1501. Disini Ia berhasil meraih gelar sebagai Master of Art di bidang tata bahasa, logika, retorika, dan metafisika. Sejarah hidup pertama Luther terjadi pada 2 Juli 1505, dimana saat itu sedang terun hujan deras dan badai petir sangat mengerikan.

Dibawah alam sadar Luther berteriak ingin menjadi seorang biarawan. Ia pun memutuskan untuk berhenti sekolah hukum, dan mulai memasuki Biara St Augustine di Erfurt pada 17 Juli 1505. Keputusan Luther yang sangat terbalik dengan pendidikan dan ambisi orang tuanya sebelumMartin Luther King Jrnya membuat keluarga & teman-temannya menganggap Luther sudah membuat keputusan salah.

Dimulainya Reformasi Protestan

Seorang Imam bernama Johann Tetzel datang ke Jerman, untuk mejual surat pengampunan pada tahun 1516. Kekaisaran Roma Suci sudah mengangkat imam ini karena telah berpengalaman dalam imam pengampunan antara 1503-1510. Namun Luther yang merasa keberatan dengan penjualan surat pengampunan demi mendapat dana membangun Basilika Santo Petrus di Roma mengirimkan surat kepada Von Brandenburg.

Pada usia 27 tahun Luther dilantik sebagai delegasi konferensi Gereja Katolik di Roma. Namun setelah menduduki delegasi, Ia menjadi tahu kebenaran tentang korupsi dan perbuatan amoral di antara imam. Melihat semua itu, Luther bertekad untuk melanjutkan studinya dalam kekristenan. Pada periode inilah, dia mengalami perubahan besar dalam hidupnya sekaligus menandai terjadinya Reformasi Protestan.

Baca Juga :

Sejarah Papua Nugini Pisah Dari Indonesia

Surat protes kepada Uskup Agung Von Brandenburg kemudian dikenal sebagai Ninety-five Theses yang dalam dua pekan, salinannya menyebar ke seluruh Jerman. Kemudian tulisan tersebut menyebar hingga ke Perancis, Inggris, maupun Italia pada 1519. Para cendekiawan menuju Wittenberg untuk mendengarkan kuliah Luther.

Pencapaian Martin Luther King Jr:

  1. Spingarn Medal (1957)
  2. Anisfield-Wolf Book for Nonfiction (1959)
  3. Penghargaan Nobel untuk Perdamaian (1964)
  4. Margaret Sanger Award (1966)
  5. Grammy Award Best Spoken Word Album (1971)
  6. Medali Kebebasan Presiden Amerika Serikat (1977)
  7. Medali Emas Kongres (2004)
  8. Penghargaan Grammy Hall of Fame (2012)