Sejarah Perang Saudara Paling Mengerikan di Dunia

Sejarah Perang Saudara Paling Mengerikan di Dunia

Perang selalu saja menjadi sebuah hal yang sangat mengerikan, korban yang harus kehilangan nyawanya juga terbilang sangat banyak. Bukan cuma menciptakan rasa sakit & kesengsaraan, bahkan dampak dari perang saudara ini menjadi memori buruk & menciptakan trauma bagi sejarah dunia.

Ada banyak jenis perang saudara dalam catatan sejarah dunia, pemicu dari setiap perang saudara ini pun biasanya adalah karena perbutan kekuasan / wilayah. Namun dari semua itu, ada beberapa perang yang memiliki sejarah paling mengerikan dan sempat menggegerkan dunia.

Sejarah Perang Saudara Paling Mengerikan di Dunia

Apa saja? Berikut ulasannya, simak informasinya dibawah ini hanya bersama roofth.com !

Perang Saudara Paling Mengerikan & Mematikan di Dunia, Yang Tidak Bisa Dilupakan!

Perang Saudara Paling Mengerikan Dan Mematikan di Dunia

Konflik paling mematikan di dunia salah satunya adalah perang saudara. Dibeberapa negara terjadi konpirasi untuk memperbutkan wilayah & kekuasan, sampai timbul perang saudara. Berikut ini adalah negara dengan perang saudara paling mengerikan sepanjang sejarah :

  • Perang Saudara di China

Perang ini berlangsung cukup lama, dari tahun 1927-1950. 2 kaum nasional yang berperang untuk memperebutkan kekuasaan dan adu kekuatan antara kaum nasionalis China dan gerakan komunis revolusioner. Akibat dari perang mematikan ini, lebih dari 8 juta jiwa meninggal. Sebagian besar meninggal karena kelaparan, penyakit, dan pembalasan saling serang yang dilakukan oleh 2 kaum nasional Cina.

  • Perang Saudara di Korea

Korban tewas dalam perang diperkirakan 70.000 oleh Republik Korea, 46.000 oleh Amerika Serikat, dan gabungan satu juta pasukan Korea Utara dan China tewas, 600.000 dalam aksi, 400.000 melalui penyakit. Hampir 1 juta orang Korea Selatan tewas selama perang, atau hanya di bawah 5 persen dari populasi. Korea Utara, yang mengalami pengeboman udara besar-besaran oleh pasukan sekutu, menderita sekitar 1,5 juta orang tewas, 10 hingga 15 persen dari keseluruhan populasi.

  • Perang Saudara di Vietnam

Perang Vietnam Utara & Vietnam Selatan menelan korban militer sebanyak kurang lebih dari 1,5 juta jiwa. 300.000 personel Vietnam Selatan, dan hingga 1.1 juta personel Vietnam Utara. Selain itu, 58.307 orang Amerika, 5.099 orang Vietnam Selatan, dan 1.000 personel militer Tiongkok terbunuh.

  • Perang Sudara di Nigeria

Perang Sipil Nigeria yang berlangsung selama empat tahun pecah pada 6 Juli 1967 dan berlangsung hingga 1970. Hanya sekitar 30.000 orang Biafra terbunuh dalam pertempuran yang sebenarnya. Terisolasi dan dimiskinkan oleh kurangnya pendapatan minyak, sekitar 2 juta lainnya meninggal karena kelaparan dan penyakit.

  • Perang 30 tahun

Sesuai namanya, perang yang melibatkan gereja Katolik dan Protestan di Eropa Tengah itu menjadi konflik yang menghilangkan nyawa 8 juta penduduk. Perang 30 tahun juga dikenal sebagai perang terlama, berlangsung dari 1618-1648.

Artikel Menarik Lainnya: Sejarah Yerusalem Kota Suci 3 Agama