Ming. Jan 17th, 2021
Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Dalam kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahas mengenai sejarah kemerdekaan indonesia. Sejak tanggal 17 Agustus 1945 negara kesatuan kita mendapatkan pengakuan oleh negara lainnya untuk berdiri diatas kemerdekaan. Namun ada perjuangan yang harus ditempuh para pahlawan hingga meraih hak untuk dapat bebas dari masa jajahan.

Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Bangsa / negara yang terakhir menjajah negara Indonesia adalah Jepang. Para pahlawan berhasil mengambil kesempatan untuk memproklamasikan kemerdekaan. Saat 2 bom dijatuhkan bersamaan di kota Hiroshima & Nagasaki pada 6 Agustus 1945. Bom dahsyat yang di jatuhkan bangsa Amerika tersebut berhasil mematahkan semangat tentara Jepang & mereka terpaksa menyatakan untuk menyerah.

Sejarah Kemerdekaan Indonesia Secara Singkat

Saat pada tanggal 9 Agustus 1945 akhirnya Jepang menyiarkan secara resmi untuk menyerah terhadap tentara Amerika. Dan kesempatan ini diambil Indonesia untuk mengibatkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Namun sebelum itu ada banyak sekali persiapan telah mereka persiapkan.

Soekarno Hatta memimpin PPKI dan Radjiman Wedyodiningrat sebagai (mantan ketua BPUPKI) diamankan ke sebelah timur laut Saigon. Untuk melakukan pertemuan dan menciptakan rumusan Proklamasi bersama Marsekal Terauchi.

Awalnya kemerdekaan Jepang disebutkan akan menjadi hadiah dari Jepang yang bakal diberikan pada tanggal 24 Agustus 1945. Namun semua anggota PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) mendorong & menculik Soekarno untuk segera mengambil kesempatan menyiarkan di radio Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Sutan Syahrir mendesak agar Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan, karena dia merasa bahka Jepang sedang melakukan konspirasi lagi. Janji yang disebut pemerintah Jepang akan memberikan hadiah kemerdekaan Indonesia pada tanggal 24 Agustus adalah sebuah tipu muslihat.

Peristiwa Rengasdengklok

sejarah kemerdekaan indonesia

Para pemuda pejuang, termasuk Chaerul Saleh, Sukarni, dan Wikana terbakar gelora kepahlawanannya setelah berdiskusi dengan Ibrahim gelar Datuk Tan Malaka tergabung dalam gerakan bawah tanah kehilangan kesabaran.

16 Agustus 1945, mereka bersama Shodanco Singgih menculik Soekarno (bersama Fatmawati dan Guntur yang baru berusia 9 bulan) dan Hatta, ke Rengasdengklok.

Inilah mengapa disebut dengan peristiwa Rengasdengklok, dengan tujuan agar Soekarno tidak mudah dipengaruhi oleh Jepang.

Di Jakarta, golongan muda, Wikana, dan golongan tua, yaitu Mr. Ahmad Soebardjo melakukan perundingan. Mr. Ahmad Soebardjo menyetujui untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Jakarta.

Sejak 17 Agustus 1945 Indonesia resmi merdeka bukan karena hadiah dari Jepang, namun berkat perjuangan para pahlawan bangsa kita.

By Whow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *