Ming. Jan 17th, 2021
Sejarah Musik di Setiap Budaya Dunia

Sejarah musik di setiap budaya dunia tentunya berbeda – beda, tapi intinya konsep yang digunakan mempunyai makna serupa. Bersama roofth.com kita akan bersama – sama membahas perkembangan sejarah musik dunia. Karena pada dasarnya setiap daerah bahkan dilokasi terisolasipun memiliki bentuk musik telah dibentuk oleh leluhur pertama manusia.

Sejarah Musik di Setiap Budaya Dunia

Berdasarkan musik zaman prasejarah setidaknya sekitar 55.000 tahun lalu pertama kali seorang seniman Afrika berhasil menciptakan musik pertama kali. Perubahan aliran musik dan nada semakin berbeda karena di pengaruhi oleh organisasi ekonomi, iklim, dan akses ke teknologi.

Sejarah musik” merupakan sub-bidang musikologi yang berbeda dan sejarah yang mempelajari musik (terutama seni musik Barat) dari perspektif kronologis. Hingga sekarang lagu-lagu dari Barat lebih banyak dikenal, karena mengandung perspektif & penyebaran sudah kuat sejak dulu.

Sejarah Musik di Setiap Budaya Dunia

Sejarah Musik di Setiap Budaya Dunia

  • Musik Mesir (Sejak Tahun 2000 SM)

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit diatas, kalau sekitar 55.000 tahun lalu di Afrika pertama kali musik tercipta. Alat berupa prasasti seperti harpa-harpa, lyra, gitar, mandoling dan seruling tunggal maupun ganda. Pengadaan musik biasanya dibuat untuk mengiringi kebaktian seperti tari-tarian, ratapan pada kematian dan juga jamuan-jamuan makan.

  • Musik Yahudi (Sejak Tahun 1500 SM)
  • Musik Kenisah (Abad 10-6 SM)
  • Musik Sinagogal (mulai tahun 500 SM)
  • Musik Yunani (mulai tahun 1100 SM)
  • Musik Roma (mulai tahun 753 SM)
  • Musik Arab dan Bangsa-Bangsa Pemeluk Agama Islam (ada pada akhir mulai tahun 753 SM)
  • Masa Prasejarah (3000-1000 SM)

Musik pertama dalma sejarah islam mengandung unsur keagamaan yang ditulis dalam Asyria dari abad 7 SM. Jenis musik ini memiliki aliran sama antara bagi daerah Mesir dan Mesopotamia. Selain itu cukup berpengaruh dalam bisnis termasuk berdagang dengan orang Mesopotamia, Yahudi kemudian Yunani.

  • Musik Cina (mulai tahun 2000 SM)

Awal tahun 2700 SM Bangsa Tiongkok juga mulai menceritakan perkembangan musik mereka yang biasanya digunakan oleh pemerintahan Kaisar Hoang Ty. Seseorang yang bernama Ling-Lun adalah tokoh musik bngsa Tiongkok yang membuat peraturan & menentukan dasar ilmu olah nada atau seni dengan nada-nada.

  • Musik India (mulai tahun 1500 SM)

Bangsa India kuno mempunyai kepercayaan kalau awal bentuk musik mereka adalah berkat dari Dewa. Kitab Veda yang dibawakan oleh Brahma sejak 15000 SM menuangkan hymne-hymne yang termasuk dalam bidang seni musik.

  • Musik Jepang (mulai tahun 600 SM)

Bangsa Jepang juga memiliki sejarah musik yang berpengaruh di dunia, dalam sektor bisnis perekonomian dunia. Jepang masih sekeluarga dengan musik bangsa Cina, namun watak dari budaya keduanya sungguh sangat berbeda.

By Whow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *