Sejarah Papua Nugini Pisah Dari Indonesia

Sejarah Papua Nugini Pisah Dari Indonesia

Memang secara Geografis Papua yang menjadi salah satu bagian provinsi di Indonesia ini menyatu dengan Papua Nugini. Namun Papua Nugini telah terpisah dari Indonesia dan memiliki kedaulatan, kemerdekaan, serta sistem pemerintahannya sendiri.

Sejarah Papua Nugini Pisah Dari Indonesia

Sejarah Terpisahnya Papua Nugini dan Papua, Indonesia

Negara Papua Nugini, seorang pelaut Spanyol bernama Ynigo Ortiz de Retes pada 1545 datang berkunjung kesana. Dan Ynigo Ortiz de Retes melihat banyaknya kemiripan antara penduduk lokal disana dengan orang Afrika di pantai bagian Guinea.

Sehingga Ynigo Ortiz de Retes tempat itu deiberi nama dengan Papua New Guinea / Papua Nugini. Pada tahun 1884, kolonial Inggris mulai menyusuri semua bagian di negara Papua New Guinea. Dan tidak lama setelah itu kolonial Inggris memproklamasikan hak kekuasannya disana.

Sejarah Terpisahnya Papua Nugini dan Papua

Belanda kemudian bertindak cepat jika tidak ingin New Guinea bagian barat jatuh kepada kekuasaan bangsa Eropa lainnya. Belanda mengklaim mulai Raja Ampat hingga 141 derajat di bagian timur (garis yang membentang antara timur Kota Jayapura hingga ke Merauke) menjadi wilayah kekuasaannya.

  • Nama Resmi : The Independent State Papua of Papua New Guinea
  • Ibu Kota : Port Moresby
  • Bentuk Negara : Demokrasi Parlementer
  • Kepala Negara : Ratu Elizabeth II yang diwakili oleh Gubernur Jenderal Sir Paulias Matane
  • Kepala pemerintahan : Perdana Menteri Grand Chief Sir Michael T. Somare
  • Hari Nasional (Kemerdekaan) : 16 September 2009
  • Lagu kebangsaan : O All Rise

Sebagai tetangga Indonesia, Papua New Guinea telah menjalin banyak kerja sama salah satunya kerja sama ekstradisi dan perdagangan. Namun negara ini sedikit dinilai kurang baik untuk menjadi rekan, karena beberapa akpek.

Pada 10 Oktober 1975, Papua Nuigini diterima menjadi anggota PBB ke 142. Setelah merdeka Chief Minister diganti menjadi Perdana Menteri dan diangkat seorang Gubernur Jenderal sebagai wakil Ratu Inggris.

Pemerintah Papua Nuigini telah menerapkan kebijakan poltik luar negeri yang cukup berani, yaitu mengadakan pendekatan kepada negara-negara di Asia. Selama pemerintahan Papua Nuigini berkiblat kepada Australia dan Selandia Baru.

Demikianlah sejarah Negara Papua New Guinea telah kami sampaikan secara rinci dalam artikel ini. Untuk sumber bacaan lainnya, kami merekomendasikan : Sejarah Perang Saudara Paling Mengerikan di Dunia.