Sejarah Terbentuknya PBB Hingga Struktur Organisasinya

Sejarah Terbentuknya PBB Hingga Struktur Organisasinya

Sejarah Terbentuknya PBB – Banyaknya korban jiwa yang jatuh pada Perang Dunia II membuat beberapa negara ingin menciptakan kedamaian. Wajar saja sebab ada banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari Perang Dunia II yang membuat beberapa masyarakat menderita dan mengalami kesusahan.

Salah satu wujud perdamaian tersebut yaitu dengan dibentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa atau yang lebih kita kenal dengan PBB. PBB adalah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan hampir seluruh negara di dunia. Tujuannya yaitu membuat perdamaian dan keamanan antar negara bisa selalu terjaga dengan baik.

Sebelum PBB , ada sebuah organisasi yang bernama Liga Bangsa-Bangsa (LBB) yang memiliki tujuan yang sama yaitu menciptakan perdamaian dunia. Organisasi ini telah dirikan sejak Perang Dunia I di tahun 1919.

Sayang seribu sayang , organisasi ini akhirnya dibubarkan karena gagal mencegah Perang Dunia II.

Latar Belakang Terbentuknya PBB

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya , penderitaan dan kesengsaraan yang diakibatkan Perang Dunia II menjadi latar belakang dibentuknya PBB. Yap , banyak sekali dampak buruk yang timbul hingga membuat beberapa negara menginginkan perdamaian. Hingga akhirnya negara besar kala itu seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet berembuk untuk membuat organisasi perdamaian.

Wakil ketiga negara pendiri PBB di atas adalah Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, dan Perdana Menteri Uni Soviet Joseph Stalin.

Hingga akhirnya PBB resmi berdiri pada tanggal 24 Oktober 1945 di San Francisco, California, Amerika Serikat. Namun sayangnya pada saat itu masih ada beberapa negara terutama di wilayah Asia dan Afrika yang masih dijajah. Hal tersebut yang akhirnya membuat penandatangan piagam PBB berjalan cukup alot melalui negosiasi.

Namun pada akhirnya piagam PBB berhasil ditandatangani oleh 50 negara di dunia. Jumlah tersebut terdiri dari 9 negara di Eropa, 21 negara di Amerika, 7 negara di Asia Tengah, 2 negara di Asia Timur, 3 negara di Afrika, Ukraina, Belarusia, dan 5 negara persemakmuran Inggris.

Tujuan PBB

  • Menjaga perdamaian di seluruh dunia.
  • Mengembangkan dan menjaga hubungan baik antar negara.
  • Mencapai kerjasama internasional untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, mengatasi kelaparan, penyakit dan kurangnya pendidikan, dan meningkatkan kesadaran akan hak dan kebebasan negara.
  • Menjadi wadah untuk menyatukan negara-negara di dunia untuk mencapai tujuan PBB

Struktur Organisasi PBB

  • Majelis Umum (General Assembly)

Organisasi ini adalah penasihat utama, pembuat kebijakan, dan representatif dari PBB. Anggotanya sendiri adalah https://51.161.148.99/ 193 negara yang masuk dalam PBB. Presiden Majelis Umum akan dipilih setiap tahunnya untuk menjabat selama satu tahun.

  • Dewan Keamanan (Security Council)

Dewan Keamanan PBB hanya beranggotakan 15 negara. Anggota tersebut terdiri dari 5 anggota tetap, dan 10 anggota tidak tetap.

  • Dewan Ekonomi dan Sosial (Economic and Social Council)

Dewan Ekonomi dan Sosial memiliki tugas untuk memberikan rekomendasi, dan menilai kebijakan mengenai masalah ekonomi, sosial, dan lingkungan.Organisasi ini memiliki sekitar 54 anggota yang dipilih langsung oleh Majelis Umum dengan masa bakti 3 tahun.

  • Dewan Perwalian (Trusteeship Council)

Organisasi ini pertama dirikan pada tahun 1945. Fungsinya yaitu sebagai perpanjangan tangan daerah-daerah yang diwakilkan. Dewan Perwalian akan mengusahakan daerah tersebut untuk mencapai pemerintahan sendiri.

  • Mahkamah Internasional (International Court of Justice)

Fungsi organisasi ini yaitu menegakkan hukum sesuai dengan hukum internasional. Mahkamah Internasional juga bertugas untuk menyelesaikan masalah antarnegara anggota.

  • Sekretariat (Secretariat)

Ada banyak tugas yang diemban oleh Sekretariat PBB. Tugas tersebut di antaranya adalah melakukan tugas administrasi PBB hingga menyediakan informasi untuk dewan-dewan.

Sekretaris jenderal yang merupakan pemimpin Dewan Sekretariat dipilih oleh Majelis Umum. Pemilihan tersebut berdasarkan rekomendasi dari dewan keamanan. Masa bakti dari sekretaris jenderal selama 5 tahun.

Nah itulah informais mengenai sejarah terbentuknya PBB. Semoga bermanfaat guys !