Sejarah Terjadinya Perang Dingin

Sejarah Terjadinya Perang Dingin

Setelah terjadinya perang dunia ke 2, tidak langsung selesai juga Perang antara Negara di Dunia ini, namun perang yang terjadi setelah perang dunia ke 2 ini adalah Perang Dingin.

Perang dingin ini dalah perang siapa paling hebat dan paling berkuasa di dunia ini antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dengan sekutunya masing – masing.

2 negara super power atau adikuasa ini saling adu kehebatan entah dalam politik, militer, ataupun penemuan – penemuan.

Sejarah Terjadinya Perang Dingin

Perang ini terjadi lumayan lama dan hasil dari perang dingin ini adalah terbentuknya nuklir yang mengerikan dan senjata – senjata mutakhir lainnya.

Perang Dingin, persaingan Slot Online terbuka namun terbatas yang berkembang setelah Perang Dunia II antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dan sekutunya masing-masing. Perang Dingin dilancarkan di bidang politik, ekonomi, dan propaganda dan hanya terbatas pada senjata.

Istilah ini pertama kali digunakan oleh penulis Inggris George Orwell dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 1945 untuk merujuk pada apa yang dia prediksi akan menjadi kebuntuan nuklir antara “dua atau tiga negara super yang mengerikan, masing-masing memiliki senjata yang dapat digunakan jutaan orang. terhapus dalam beberapa detik.”

Ini pertama kali digunakan di Amerika Serikat oleh pemodal Amerika dan penasihat presiden Bernard Baruch dalam pidatonya di State House di Columbia, Carolina Selatan, pada tahun 1947.

Asal Usul Perang Dingin

Menyusul penyerahan Jerman Nazi pada Mei 1945 menjelang akhir Perang Dunia II, aliansi masa perang yang gelisah antara Amerika Serikat dan Inggris Raya di satu sisi dan Uni Soviet di sisi lain mulai terurai.

Pada tahun 1948 Soviet telah memasang pemerintah sayap kiri di negara-negara Eropa timur yang telah dibebaskan oleh Tentara Merah.

Amerika dan Inggris takut akan dominasi permanen Soviet di Eropa timur dan ancaman partai komunis yang dipengaruhi Soviet akan berkuasa di negara demokrasi Eropa barat.

Soviet, di sisi lain, bertekad untuk mempertahankan kendali atas Eropa timur untuk melindungi dari kemungkinan ancaman baru dari Jerman, dan mereka berniat menyebarkan komunisme ke seluruh dunia.

Pertarungan antar negara adidaya

Perang Dingin mencapai puncaknya pada tahun 1948–53. Pada periode ini Soviet tidak berhasil memblokade sektor-sektor Berlin Barat yang dikuasai Barat (1948–49); Amerika Serikat dan sekutu Eropanya membentuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), sebuah komando militer terpadu untuk melawan kehadiran Soviet di Eropa (1949); Soviet meledakkan hulu ledak atom pertama mereka (1949).

Sehingga mengakhiri monopoli Amerika atas bom atom; komunis Cina berkuasa di Cina daratan (1949); dan pemerintah komunis Korea Utara yang didukung Soviet menginvasi Korea Selatan yang didukung AS pada tahun 1950, memicu Perang Korea yang berlangsung hingga tahun 1953.

Nah itu dia guys sejarah terjadinya perang dingin dengan segala kehebatan dan kepintaran masing – masing negara adidaya ini. Tentu saja 2 negara adidaya tidak ingin kalah saing dengan rivalnya.

Maka tak heran ketika memang mereka sampai saat ini juga masih disebut – sebut sebagai rival.

Karena perbedaan blok ini juga menyebab kan 2 sekutu atau kubu yang memihak kepada setiap negara adi daya ini. Seperti Amerika yang menjadi negara adidaya di Blok Barat , dan Rusia atau Uni Soviet yang menjadi negara adidaya di Blok Timur.

Seperti yang kalian ketahui ada 2 Jerman , dan juga ada 2 Korea. Hal ini disebabkan karena penjajahan dari masing – masing negara adi daya ini.

Karena awalnya Jerman itu satu dan Korea itu satu, karena kedatangan negara adidaya atau sekutu dari 2 negara adidaya ini maka terbelah lah negara – negara ini. Seperti yang kita ketahui sampai saat ini 2 negara adidaya Amerika dan Rusia ini masih terus menganggap diri mereka rival masing – masingnya.